SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI...... TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA...... Putra Kalimas: PEMANIS BUATAN ”SAKARIN DAN SIKLAMAT”

Wednesday, June 1, 2011

PEMANIS BUATAN ”SAKARIN DAN SIKLAMAT”


Sesuai sebutannya bahan tambahan makanan ini berfungsi untuk memberi rasa manis, yang biasanya memiliki nilai kalori lebih rendah dari gula biasa. Ada 4 macam pemanis buatan yang sering digunakan yaitu Sakarin, Siklamat, Dulcin, dan P-4000 (2-amino 4-nitro 1-phenol propoxybenzene).
Berdasarkan penelitian FDA tentang ketoksikannya, diketemukan bahwa Dulcin menyebabkan tumor hati dan mengganggu produksi sel darah merah pada binayang. Sedang P-4000 dapat merusak ginjal dan mengganggu fungsi tiroid. Sakarin dan Siklamat masih diperkirakan aman sebagai BTM karena tidak terlihat efek langsung dan nyata pada penggunaan yang banyak. Pada penelitian lebih lanjut diketemukan bahwa siklamat ataupun hasil metabolismenya (Cyclohexylamine) bersifat karsinogenik, sehingga sekarang dilarang. Sedang di Indonesia walaupun ada pembatasan, belum ada larangan penggunaannya yakni sakarin, siklamat, dan aspartame.
Sakarin tidak mengandung kalori, tetapi memiliki daya kemanisan 300 kali dari gula pasir, sedang aspartame 180 – 200 kali gula pasir dan mengandung kalori sama dengan gula pasir. Siklamat memiliki daya kemanisan 30 kali dari gula pasir dan tidak memiliki kalori.
Analisa pemanis buatan dalam makanan atau minuman menarik untuk dilakukan, misalnya untuk mendeteksi pemalsuan, penggunaan pemanis yang tidak diijinkan, jumlah pemanis yang digunakan, mengontrol kadar pemanis selama proses produksi makanan dan minuman, dan sebagainya.

No comments:

Post a Comment