SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI...... TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA...... Putra Kalimas: Pola Kerjasama UPT BPPTK LIPI (YOGYAKARTA)

Sunday, April 8, 2012

Pola Kerjasama UPT BPPTK LIPI (YOGYAKARTA)

Beberapa produk dengan bahan baku alam seperti : destilat sirih, tepung pati bengkuang, tepung mengkudu, teh daun mengkudu, tepung jahe,tepung temu lawak, minuman seduh kelopak bunga Cranberry,sirup Cranberry, teh seduh daun jombang, saus cabai merah, teh seduh jamur lingzhie, pathilo, abon tuna, ikan tuna kaleng,tempe kari kaleng, mangut kaleng,gudeg kaleng,udang kari kaleng, sabun padat transparan sirih, tepung BMC Tempe, MP Asi Sari Tempe Instan, Chitosan farmasi grade, Chitosan food grade, Chitosan industrial grade, silase, konsentrat pakan rumanansia, lemo feed, dan lain-lain, telah dibuat dengan memanfaatkan peralatan yang dimiliki UPT BPPTK LIPI Jogjakarta. Produk-produk tersebut telah diperkenalkan melalui kerjasama dengan pengusaha swasta yang bergerak dalam bidang pemasaran. Usaha produksinya terus berkembang walaupun besarnya omset secara keseluruhan sampai saat ini masih terbatas. Kontrak kerjasama produksi dengan nilai minimal Rp. 30 juta setahun sedang dipersiapkan dan diharapkan segera dapat direalisasikan. Pengelolaannya akan dilaksanakan melalui mekanisma PNBP. Akan dibuat usulan kegiatan penelitian produksi bahan-bahan ini untuk tahun anggaran kegiatan 2011 agar kegiatan yang sudah nyata ini dapat lebih dikembangkan.
Kerjasama dalam penelitian dan implemntasi hasil-hasil Litbang yang merupakan Tupoksi UPT BPPTK LIPI. Kerjasama yang dilakukan dengan Stake Hoder baik dilingkungan LIPI maupun di luar LIPI ,bentu kerjasamanya antra lain :
 
1. Kerjasama penelitian dalam bidang dari hasil pertanian dilakukan antara lain:
Jarlit BAPPEDA Gunungkidul, Jarlit BAPPEDA Provinsi DIY, Akademi Gizi Yogyakarta, UGM, UMS, dll.

2. Kerjasama produksi meliputi :
• melasanakan ali teknologi dari hasil penelitian yang telah teruji melalui bentuk pelatihan
• inkubasi UKM dalam peningkatan kualitas produk
• maklun (jasa)
 
3. Kerjasama pemberdayaan masyarakat (SDM) yang mencakup :
• sosialisasi Hasil Litbang pertanian, perikanan dan peternakan
• turut serta dalam asosiasi didalam kegiatan di masyarakat, seperti :pokja, plasmanutfah, kelompok pemberdayaan wanita, kelompok penanggulangan gizi kurang dan gizi buruk, kelompok tani, dll.

No comments:

Post a Comment