SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI...... TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA...... Putra Kalimas: Capung Vestalis luctuosa

Tuesday, December 25, 2012

Capung Vestalis luctuosa

Salah satu serangga yang banyak terdapat di Indonesia adalah Capung. Odonata atau capung merupakan salah satu ordo di dalam kelompok Arthopoda. Jumlah capung yang melimpah terutama terdapat di kawasan tropis seperti Indonesia karena di kawasan ini terdapat berbagai macam habitat. Dari sekitar 7.000 spesies Odonata yang telah terindetifikasi di seluruh dunia, di Indonesia terdapat sekitar 750 spesies capung.
Capung dapat digunakan sebagai parameter kualitas air dan pencemaran lingkungan. Selain itu, capung juga dapat berfungsi sebagai serangga predator, baik dalam bentuk nimfa maupun dewasa, dan memangsa berbagai jenis serangga serta organisme lain termasuk serangga hama tanaman padi. Sehingga serangga penerbang ulung ini perlu dilestarikan keberadaannya.
Odonata adalah kelompok serangga yang berukuran sedang sampai besar dan seringkali berwarna menarik. Serangga ini menggunakan sebagian besar hidupnya untuk terbang. Capung juga memiliki tubuh yang langsing dengan dua pasang sayap, dan memiliki pembuluh darah jala. Selain itu capung juga memiliki antenna pendek yang berbentuk rambut, kaki yang berkembang baik, alat mulut tipe pengunyah, mata majemuk yang besar, abdomen panjang dan langsing (Ansori).
Vestalis luctuosa adalah salah satu spesies capung jarum. Capung yang berwarna biru mengkilat ini termasuk dalam ordo Odonata, subordo Zygoptera, dan Famili Calopterygidae (FOBI, 2010). Sesuai dengan ciri khas dari Zygoptera, Vestalis luctuosa merupakan penerbang yang lemah dan memiliki mata yang menonjol. Odonata jenis ini biasa berada di sekitar sungai kecil atau parit yang teduh atau ternaungi oleh pepohonan. Vestalis luctuosa  merupakan capung yang tergolong kurang aktif jika dibandingkan dengan anggota Odonata lainnya. Serangga bersayap empat ini biasa bertengger pada batu atau rerumputan dengan menutupkan sayapnya. Vestalis luctuosa jantan mempunyai ciri fisik dan perilaku yang berbeda. Vestalis luctuosa jantan memiliki warna biru metalik yang mencolok, sementara Vestalis luctuosa berwarna biru keabu-abuan yang terlihat samar-samar. Untuk ukuran, Vestalis luctuosa jantan sedikit lebih besar daripada yang betina. Vestalis luctuosa jantan biasa berada di tempat yang agak tinggi, sementara Vestalis luctuosa enggan meninggalkan air. Vestalis luctuosa  biasa menempel di rerumputan di atas permukaan air. Vestalis luctuosa jantan bergerak lebih aktif. Vestalis luctuosa jantan lebih suka terbang berputar-putar, sementara Vestalis luctuosa hanya diam.
Sebagai makhluk hidup, Vestalis luctuosa juga memiliki kemampuan untuk menghasilkan keturunannya. Capung kategori Calopterygidae ini berkembangbiak dengan cara perkawinan. Untuk dapat kawin, Vestalis luctuosa harus berusaha untuk menarik lawan jenisnya. Ketika Vestalis luctuosa jantan akan kawin, capung tersebut akan mencari pasangan. Tetapi, kadang Vestalis luctuosa betina ada yang malah mendekat. Vestalis luctuosa jantan akan terbang berputar-putar di depan Vestalis luctuosa betina. Gerakannya kadang maju mundur, berputar-putar atau kadang terbang memutari betinanya. Setelah puas menunjukkan kebolehannya, Vestalis luctuosa jantan akan segera mengawini sang betina.
Ketika si jantan sedang terbang di hadapan Vestalis luctuosa  betina, kadang ada Vestalis luctuosa  jantan lain yang melihat dan mendatanginya. Kedua capung jantan tersebut bersaing untuk dapat mengawini si betina. Mereka terbang bersama-sama dan adu kekuatan terbangnya. Ketika keduanya lelah, maka akan berhenti dan istirahat berhadapan di depan betina. Setelah salah satu tenananya telah pulih lagi, di akan terbang kembali. Vestalis luctuosa yang satunya juga akan ikut terbang bersama. Kelakuan seperti itu berlanjut seterusnya, sehingga salah satu jantan mengalah dan pergi.  Barulah Vestalis luctuosa yang menang yang dapat mengawini capung Vestalis luctuosa betina.
 
Daftar Pustaka
 Ansori, I. KEANEKARAGAMAN NIMFA ODONATA (Dragonflies) DI BEBERAPA PERSAWAHAN SEKITAR BANDUNG JAWA BARAT. Bengkulu: universitas bengkulu.
FOBI. (2010, Januari 27). Dipetik November 21, 2012, dari ODONATA: http://www.fobi.web.id/fbi/v/odonata/
FOBI. (2010, June 23). Dipetik NOVEMBER 21, 2012, dari CALOPTERYGIDAE : http://www.fobi.web.id/fbi/v/odonata/f-cal/
Herin. (2011, Maret 27). hae_ryn's blog. Dipetik November 21, 2012, dari ODONATA: http://haeryn.wordpress.com/
Hidayah, S. N. (2008). KEANEKARAGAMAN DAN AKTIVITAS CAPUNG (ORDO : ODONATA) DI KEBUN RAYA BOGOR. Bogor: Institut Pertanian Bogor.
Indonesia Dragonfly Society. (t.thn.). Diambil kembali dari http://indonesiadragonfly.wordpress.com/

1 comment:

  1. terima kasih catatannya :) saya jadi tau nama capung ini

    Salam
    bisot

    ReplyDelete